Seminar Nasional Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehtaan Lingkungan 2019



27 Jun 2019




Sabtu Pon, 22 Juni 2019 telah dilaksanakan Seminar Nasional yang bertempat di Prima SR Hotel & Convention, jalan Magelang Km. 11, Tridadi, Sleman yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Acara Seminar Nasional ini bertemakan “Optimalisasi Tenaga Kesehatan dalam Mitigasi dan Tanggap Bencana dengan Pemodelan GIS” dalam Seminar Nasional ini terdapat lima pembicara yaitu Bapak Adithya Raja Manggala, M. Psi.T dari Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Republik Indonesia dengan materi “Pedoman Penanggulangan Bencana Bidang Kesehatan”, Bapak Mudjiharto, SKM., MM dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) dengan materi “Environmental Health Aspect of Disaster“ , Bapak Dr. Aryanto Nugroho, SKM., M.Sc dari Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dengan materi “Communicable Disease and Risk Management in a Disaster Setting”, Ibu Dr. Fatma Zuhrotun Nisa, STP. MP dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia (IAKMI) dengan materi “Food Safety of Disaster”, dan Ibu Rizky Amalia, SKM, M.Kes [Epid] dari dosen Kesehatan Lingkungan Poltekkes Kemenkes Yogyakarta dengan materi “ Sistem Info Geografis”.

Acara ini diikuti oleh peserta dari Masyarakat Umum, Mahasiswa Umum, Serta Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.  Dan dihadiri oleh beberapa tamu undangan yaitu Direktur Poltekkes Kemenkes Yogyakarta yang diwakili oleh Wakil Direktur III, Jajaran Jurusan Kesehatan Lingkungan, Jajaran Program Studi Sarjana Terapan Sanitasi dan Diploma Tiga Sanitasi Lingkungan, serta delegasi dari BLM, BEM, HMJ lain dan HMPS Kesehatan Lingkungan  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Seminar Nasional tersebut dibuka dengan sajian tari sambutan dari UKM Tari Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, dan dibuka oleh MC Denisia Reta Falah Rizka dan Ridwan Hafid Darwanda, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia oleh Maria Candra Kusuma Dewi, dilanjutkan dengan sambutan dari Wakil Ditektur III  Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, setelah itu dilanjutkan pemateri dan sesi Tanya jawab Bapak Adithya Raja Manggala, M. Psi.T, Bapak Mudjiharto, SKM., MM, Bapak Dr. Aryanto Nugroho, SKM., M.Sc, Ibu Rizky Amalia, SKM, M.Kes [Epid], dan Ibu Dr. Fatma Zuhrotun Nisa, STP. MP. Acara ini ditutup dengan sajian akustik oleh Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

*****